wafa's thought

Kamis, 12 Januari 2012

contoh RPP berbasis pendidikan karakter bahasa inggris




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                 

Nama Sekolah                         : MA Yasis at-taqwa
Mata Pelajaran                         : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           
            : XI / 1 ( Satu )
Pertemuan ke-              : 1
Alokasi Waktu                         :
1 x 45 menit
Standar Kompetensi
     : Mendengarkan
1.    Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut  (sustained) dalam konteks  kehidupan sehari-hari.

I.     Kompetensi Dasar   : 1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done)  
                                             dan interpersonal  ( bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained)
                                                secara akurat, lancar, dan berterima  yang  menggunakan ragam bahasa                                           lisan dalam konteks  kehidupan sehari-hari dan melibatkan    tindak tutur:
                                             menyampaikan pendapat dan meminta pendapat.

II.   Indikator                 : 1.  Mengidentifikasi kata yang didengar
2.    Mengidentifikasi makna kata
3.    Mengidentifikasi hubungan antar speaker dan listener


III.Tujuan Pembelajaran         
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa dapat :
 a). Siswa dapat mengdentifikasi kata yang didengar
 b). Mengidentifikasi makna kata
 c). Mengidentifikasi antara speaker dan listener

IV. Karakter yang diharapkan
       a). Dapat dipercaya ( Trustworthiness )
       b). Rasa hormat dan perhatian ( respect )
       c). Percaya diri ( Self-confidence )
       d). Tanggung Jawab ( Responsibility )


V. Kegiatan pembelajaran

( Tatap Muka )
·   Melakukan studi pustaka untuk mengidentifikasi berbagai ungkapan pendapat/rasa puas dan   
    tidak puas beserta responnya.
·   Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui mp3 player / tape recorder.

Tugas Terstruktur
Berkelompok (2-4), mengisi kalimat rumpang yang didengar dari kaset
Tugas Mandiri
     -   Mendengarkan pendapat / opini orang-orang dari TV

 





I think Indonesian culture is fabulous civilization product
VI. Materi Pembelajaran
What do you think of Indonesian culture ?


            Contoh ungkapan menanyakan pendapat :
                        1. What do you thing of ….?
                        2. Do you have any idea?
                        3. What’s your opinion?
                        4. Please give me your opinion about ....
            Contoh ungkapan mengungkapkan pendapat:
                        1. In my opinion, …
                        2. I personally believe …
                        3. I personally think …
                        4. From my point of view ….
            Contoh penggunaan ungkapan dalam dialog:
                        A: What do you think of  English Conversation Club at our school ?
                        B: In my opinion, it’s very interesting.

VII. Metode Pembelajaran
            1). Pendekatan                         : Contextual Teaching and Learning (CTL)
            2). Strategi Pembelajaran         : Cooperative Learning

VIII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu

Kegiatan awal

1.      Guru mengucapkan salam
2.      Guru memeriksa kesiapan kelas ( Absensi, kerapian,kebersihan kelas dan pakaian )
5 menit
Kegiatan inti

1). Eksplorasi
      - Guru membagi siswa menjadi beberapa 
         kelompok dan meminta siswa memilih  
         chief of group
      - Memberikan contoh asking an opinion

10 menit
2). Elaborasi
      - Siswa mendengarkan kaset berisi  
         conversation .
      - Siswa menyebutkan topic yang di  
         Dengarkan dari listening English mp3
      - Siswa secara berkelompok
         mendiskusikan listeing English mp3
         yang telah didengar.

10 menit
3). Konfirmasi
      - Siswa mempresentasikan hasil   
        diskusinya secara berkelompok.

10 menit

Kegiatan Penutup





1. Guru menanyakan kesulitan siswa selama
     proses belajar mengajar berlangsung.
 
2. Guru menyimpulkan materi dan memberi
     tugas latihan kepada siswa.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses  
    dan hasil pembelajaran
4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada
     pertemuan yang akan datang.

10 menit

IX. Alat
1. Listening English mp3
2. LKS / buku referensi yang sesuai
3. DVD / laptop
X. Alat dan Sumber Pembelajaran
      1.  LKS
      2.  Buku English for a Better Life kelas XI
      3.  English Listening provied by ESL website

XI. Penilaiaan
 
      a). Teknik                         : Performance Assessment
 
      b). Bentuk                         : Lisan
       c). Instrument       : Lembar soal

A.
Asking opinion
Topic

1). Mention one example of asking opinion ?
Internet in Globalization Era
B.
Responding opinion

2). What is your opinion about
      Globalization Era ?
3). Do you think that Internet network is
      useful to our life, nowadays ?
4). Please, give your opinion that all people
      should operate a computer or use
      internet network ?






       d). Rubrik penilaian

No
Uraian
Skor
I
Intonasi tepat, ungkapan tepat
Intonasi tepat, ungkapan kurang tepat
Intonasi kurang tepat, ungkapan tepat

3
2
2
II
Intonasi dan ungkapan kurang tepat
      Tidak maju bermain peran
1
0

       e). Pedoman Penilaian

       
    Nilai akhir                    :      ( Semua hasil scoring per soal dijumlahkan  ) x 100
                       
                                                                           12
       






Mengetahui,
Mengetahui Kepala
Sekolah ....                                               Pahesan, 6 Januari 2012
                                                                                    Guru mata pembelajaran bahasa Inggris

                                                                                               

                                                                                    Zaenul Wafa               
NIP.                                                                             NIM. 11309016



Rabu, 04 Januari 2012

REGULAR VS IRREGULAR VERB


" Ada beberapa alasan yang tetap membuatku mengajar di kelas,dan klian adalah salah satu alasanQ untuk tetap mengajar disana, thanks.. I love you all "

 
Verb atau kata kerja menurut perubahanya dibagi menjadi 2 macam :
1.      REGULAR          ( beraturan )
2.     IRREGULAR      ( tidak beraturan )

A.   Kata kerja yang bentuk 1,2,3 nya sama
Infinitive           Past                  Past Participle
(V1)                        (V2)                          (V3)
Cost                  cost                  cost                  berharga,harganya
Cut                   cut                    cut                    memotong
Hit                    hit                    hit                    memukul
Hurt                 hurt                  hurt                  melukai
Put                    put                    put                    meletakkan
Spread              spread               spread               menyebarkan
Read                 read                  read                  membaca

B.   Kata kerja bentuk pertama berakhiran “ D “ ke 2,3 berakhiran “ T “

Bend                 bent                  bent                 membengkokkan
Build                 built                  built                membangun
Lend                 Lent                  lent                  meminjamkan
Send                 sent                  sent                  mengirim
Spend                spent                spent                menghabiskan,
                                                                       Mempergunakan

C.   Kata kerja yang bentuk ke 2 dan 3 nya berakhiran “ T “

Feel                  felt                   felt                  merasa
Keep                 kept                  kept                  menjaga,menyimpan
Kneel                 knelt                 knelt                berlutut
Smell                 smelt                smelt                mencium ( bau )
Sweep               swept                swept                menyapu
Lose                  lost                   lost                 kehilangan, kalah

D.   Kata kerja yang bentuk 1 bervowel /i/, bentuk 2 /a/, dan 3 /u/

Begin                 began                begun                mulai
Drink                drank                drunk                minum
Swim                 swam                 swum                 berenang
Sing                  sang                  sung                  bernyanyi
Ring                  rang                  rung                  membunyikan (alarm)
Run                   ran                    run                    berlari
           
           E. kata kerja yang bentuk ke 2 dan 3 nya berakhiran “ AUGHT “

Catch                caught               caught               menangkap
Teach                taught               taught               mengajar
            F. Kata kerja yang  bentuk ke 3 nya berakhiran  “ EN “

Beat                 beat                  beaten              memukul
Bite                  bit                    bitten               menggigit
Break                broke                broken              menghancurkan,memecahkan
Choose              chose                chosen               memilih
Drive                drove                driven               mengendarai
Eat                   ate                   eaten                makan
Fall                   fell                   fallen                jatuh
Forget               forgot               forgotten          lupa
Give                  gave                  given                 memberi
Hide                  hid                    hidden               menyembunyikan
Speak                spoke                spoken               berbicara
Ride                  rode                  ridden               menaiki ( motor, sepeda )
Rise                  rose                  risen                 terbit
Take                 took                  taken                mengambil
Write               wrote                written              menulis

            G. Kata kerja yang bentuk ke 3 nya berakhiran – N
See                   saw                   seen                  melihat
Sightsee            sightsaw            sightseen           melihat-lihat ( cuci mata )
Show                 showed              shown                menunjukkan
Swear               swore                sworn                bersumpah, berjanji
Tear                 tore                  torn                  merobek,meneteskan air mata
Wear                wore                 worn                  memakai
Sew                  sewed               sewn                 menjahit

H.   Kata kerja yang Berakhiran – EW
Blow                  blew                  blown                 meniup, bertiup
Draw                 drew                 drown                menggambar
Fly                    flew                  flown                 terbang
Grow                 grew                 grown                tumbuh
Know                 knew                 known                mengetahui, mengenal
Throw               threw                thrown              melempar

www.zaenulwafa.blogspot.com

                               ( Damsuki, Agus and friends )

             I. Kata kerja berirama
Become             became              become              menjadi
Come                 came                 come                 datang
Feed                 fed                   fed                   memberi makan
Meet                met                   met                   berjumpa
Lead                 led                    led                   memimpin
Light                 lit                     lit                     menyalakan
Make                made                 made                 membuat
Get                   got                    got                    mendapat
Sell                   sold                   sold                   menjual
Tell                   told                   told                   bercerita
Pay                    paid                   paid                   membayar
Say                   said                   said                   berkata
Stand                stood                stood                berdiri
Understand        understood        understood        mengerti
Dig                    dug                   dug                   menggali
Hang                 hung                  hung                  menggantungkan
Bind                  bound                bound                mengikat
Find                  found                found                menemukan

          J. Kata kerja tak beraturan lainya
Lie                    lied                   lied                   menipu
Lie                    lay                    lain                    berbaring
Lay                   laid                   laid                   meletakkan
Has, Have          had                   had                   memiliki mempunyai
Do                    did                    done                  melakukan
Win                   won                   won                   menang
Hear                 heard                heard                mendengarkan
Shine                shone                shone                menyinari
Go                     went                 gone                  pergi
Sit                    sat                    sat                    duduk
Sleep                slept                 slept                 tidur
Die                   died                  died                  mati, meninggal
Learn                learned/learnt    learnt/ learned   belajar, mempelajari

K. Kata kerja yang bentuk ke- 2 dan 3 nya berakhiran  “ OUGHT “
Bring                 brought             brought             membawa
Buy                   bought               bought               membeli
Fight                 fought               fought               bertarung, berkelahi, berjuang
Think                thought             thought             berfikir




                 ciri-ciri REGULAR VERB ( Kata kerja yang beraturan )
-       Kata yang tidak terdapat dalam irregular verb disebut regular verb
-      Biasanya bentuk ke 2 dan ke 3 diakhiri dengan “ ED “
beberapa contoh-contoh    REGULAR VERB

Infinitive                Past                  Past Participle
(V1)                               (V2)                          (V3)                      Meaning
Ask                        asked                asked                bertanya
Answer                   answered           answered           menjawab
Apply                      applied               applied               menerapkan
Believe                   believed            believed                        percaya
Call                        called                called                memanggil
Carry                     carried              carried              membawa
Change                   changed             changed             mengubah
Climb                      climbed              climbed              memanjat
Cook                       cooked              cooked              memasak
Copy                       copied               copied               menyalin
Cry                        cried                 cried                 menangis
Describe                described          described          melukiskan
Explain                   explained           explained           menjelaskan
Enjoy                     enjoyed             enjoyed             menikmati
Help                       helped               helped               membantu
Improve                 improved            improved            memperbaiki
Jump                      jumped              jumped              melompat
Play                        played               played               bermain
Prepare                  prepared           prepared           mempersiapkan
Present                  presented          presented          menyajikan
Kiss                        kissed               kissed               mencium
Kill                         killed                 killed                 membunuh
Kick                       kicked               kicked               menendang
Launch                    launched            launched            meluncurkan
Love                       loved                 loved                 mencintai
Lock                       locked               locked               mengunci
Look                       looked               looked               melihat
Listen                    listened             listened             mendengarkan
Seem                     seemed             seemed                nampak
Talk                       talked               talked               berbicara
Want                     wanted              wanted              ingin
Watch                    watched           watched              menonton
Wait                      waited               waited               menunggu
Walk                      walked               walked               berjalan