wafa's thought

Kamis, 12 Januari 2012

contoh RPP berbasis pendidikan karakter bahasa inggris




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                 

Nama Sekolah                         : MA Yasis at-taqwa
Mata Pelajaran                         : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           
            : XI / 1 ( Satu )
Pertemuan ke-              : 1
Alokasi Waktu                         :
1 x 45 menit
Standar Kompetensi
     : Mendengarkan
1.    Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut  (sustained) dalam konteks  kehidupan sehari-hari.

I.     Kompetensi Dasar   : 1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done)  
                                             dan interpersonal  ( bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained)
                                                secara akurat, lancar, dan berterima  yang  menggunakan ragam bahasa                                           lisan dalam konteks  kehidupan sehari-hari dan melibatkan    tindak tutur:
                                             menyampaikan pendapat dan meminta pendapat.

II.   Indikator                 : 1.  Mengidentifikasi kata yang didengar
2.    Mengidentifikasi makna kata
3.    Mengidentifikasi hubungan antar speaker dan listener


III.Tujuan Pembelajaran         
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa dapat :
 a). Siswa dapat mengdentifikasi kata yang didengar
 b). Mengidentifikasi makna kata
 c). Mengidentifikasi antara speaker dan listener

IV. Karakter yang diharapkan
       a). Dapat dipercaya ( Trustworthiness )
       b). Rasa hormat dan perhatian ( respect )
       c). Percaya diri ( Self-confidence )
       d). Tanggung Jawab ( Responsibility )


V. Kegiatan pembelajaran

( Tatap Muka )
·   Melakukan studi pustaka untuk mengidentifikasi berbagai ungkapan pendapat/rasa puas dan   
    tidak puas beserta responnya.
·   Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui mp3 player / tape recorder.

Tugas Terstruktur
Berkelompok (2-4), mengisi kalimat rumpang yang didengar dari kaset
Tugas Mandiri
     -   Mendengarkan pendapat / opini orang-orang dari TV

 





I think Indonesian culture is fabulous civilization product
VI. Materi Pembelajaran
What do you think of Indonesian culture ?


            Contoh ungkapan menanyakan pendapat :
                        1. What do you thing of ….?
                        2. Do you have any idea?
                        3. What’s your opinion?
                        4. Please give me your opinion about ....
            Contoh ungkapan mengungkapkan pendapat:
                        1. In my opinion, …
                        2. I personally believe …
                        3. I personally think …
                        4. From my point of view ….
            Contoh penggunaan ungkapan dalam dialog:
                        A: What do you think of  English Conversation Club at our school ?
                        B: In my opinion, it’s very interesting.

VII. Metode Pembelajaran
            1). Pendekatan                         : Contextual Teaching and Learning (CTL)
            2). Strategi Pembelajaran         : Cooperative Learning

VIII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu

Kegiatan awal

1.      Guru mengucapkan salam
2.      Guru memeriksa kesiapan kelas ( Absensi, kerapian,kebersihan kelas dan pakaian )
5 menit
Kegiatan inti

1). Eksplorasi
      - Guru membagi siswa menjadi beberapa 
         kelompok dan meminta siswa memilih  
         chief of group
      - Memberikan contoh asking an opinion

10 menit
2). Elaborasi
      - Siswa mendengarkan kaset berisi  
         conversation .
      - Siswa menyebutkan topic yang di  
         Dengarkan dari listening English mp3
      - Siswa secara berkelompok
         mendiskusikan listeing English mp3
         yang telah didengar.

10 menit
3). Konfirmasi
      - Siswa mempresentasikan hasil   
        diskusinya secara berkelompok.

10 menit

Kegiatan Penutup





1. Guru menanyakan kesulitan siswa selama
     proses belajar mengajar berlangsung.
 
2. Guru menyimpulkan materi dan memberi
     tugas latihan kepada siswa.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses  
    dan hasil pembelajaran
4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada
     pertemuan yang akan datang.

10 menit

IX. Alat
1. Listening English mp3
2. LKS / buku referensi yang sesuai
3. DVD / laptop
X. Alat dan Sumber Pembelajaran
      1.  LKS
      2.  Buku English for a Better Life kelas XI
      3.  English Listening provied by ESL website

XI. Penilaiaan
 
      a). Teknik                         : Performance Assessment
 
      b). Bentuk                         : Lisan
       c). Instrument       : Lembar soal

A.
Asking opinion
Topic

1). Mention one example of asking opinion ?
Internet in Globalization Era
B.
Responding opinion

2). What is your opinion about
      Globalization Era ?
3). Do you think that Internet network is
      useful to our life, nowadays ?
4). Please, give your opinion that all people
      should operate a computer or use
      internet network ?






       d). Rubrik penilaian

No
Uraian
Skor
I
Intonasi tepat, ungkapan tepat
Intonasi tepat, ungkapan kurang tepat
Intonasi kurang tepat, ungkapan tepat

3
2
2
II
Intonasi dan ungkapan kurang tepat
      Tidak maju bermain peran
1
0

       e). Pedoman Penilaian

       
    Nilai akhir                    :      ( Semua hasil scoring per soal dijumlahkan  ) x 100
                       
                                                                           12
       






Mengetahui,
Mengetahui Kepala
Sekolah ....                                               Pahesan, 6 Januari 2012
                                                                                    Guru mata pembelajaran bahasa Inggris

                                                                                               

                                                                                    Zaenul Wafa               
NIP.                                                                             NIM. 11309016



Tidak ada komentar:

Posting Komentar